Puncak Panderman

Posted by wong ngalam On Jumat, 01 Juni 2012 0 komentar

hihihihihih
ni numpang narsis dikit ya gan...
foto2 orang GJ yang kedinginan di gunung soalnya kehujanan..
seneng bgt rasanya kalo udah nikmatin suasana-suasana gunung.


Saat kita mendengar kata panderman, maka bayangan kita akan langsung tertuju pada sebuah lokasi pendakian,, hhm memang benar panderman adalah sebuah wisata gunung yang cukup unik, unik karena dia tidak menyajikan ketinggian dan tantangan meskipun panderman tergolong sebagai wisata untuk mendaki:), gunung panderman tepatnya lebih mengedepankan sisi keindahan dan kenyamanan menikmati alam pegunungan. Puncak panderman tidak terlalu tinggi seperti semeru dan gunung lain layaknya status pendakian, akan tetapi sangat disukai untuk berlibur camping karena kesederhanaannya,, cukup menantang untuk seorang pendaki pemula :)



Tidak membutuhkan persiapan yang banyak untuk mencapai puncaknya, bahkan seorang yang belum pernah mendaki pun bisa mencapainya, menarik bukan....Panderman disukai oleh orang-orang yang tidak mempunyai banyak waktu tetapi menginginkan alam pendakian, bayangkan untuk ke puncak semeru paling tidak butuh perjalanan 3 hari untuk pulang pergi sekaligus menginap disana, akan tetapi di panderman kita cukup 1 hari 1 malam kita sudah puas menikmatinya:) simpel bukan..


Puncak panderman sebetulnya ada dua, para pendaki pemula biasanya hanya berhenti pada puncak pertama karena disana sudah menyajilan pemandangan yang luar biasa bagus dengan berada diatas awan yang sudah lengkap dengan angin gunung dan ramainya sesama pendaki.. tapi jika yang menginginkan tantangan bisa melanjutkan ke puncak berikutnya yang lumayan menantang..


Lokasi panderman ini tidak jauh dari kota malang, hanya 20 menit berkendaraan kita sudah bisa mencapai kaki panderman untuk selanjutnya perjalanan ke atas hanya bisa dilakukan melalui perjalanan tanpa alat transportasi, tergantung kecepatan,,biasanya para pendaki membutuhkan waktu 3 jam untuk mencapai puncak pertama dengan jarak tempuh 3 km dari kaki gunung dengan tanjakan yang lumayan bagi para cewek ...hehehe...(nggak berat2 banget kok,,suer seru malah). Selain jalan tanjakan setapak kita juga akan menjumpai jalan berdebu jika kemarau dan berlumpur jika hujan, makanya kita harus pandai memilih situasi dan waktunya...jika kemarau jangan berjalan dengan anggota kelompok yang panjang karena kasihan yang belakang pasti terkena debu:) yah gitu lah....



Dari puncak Panderman kita bisa melihat kota Batu dan kota Malang di bawah, dihiasi dengan lampu-lampu berkelap kelip yang menambah indahnya suasana malam di Panderman. di langit panderman penuh dengan bintang dan kabut yang mulai merayap dari bawah menambah serunya suasana malam di Panderman.

Sepanjang perjalanan dari kota malang saja sudah sangat menyenangkan, karena kita akan melewati alam yang menyenangkan, mulai jalan yang berkelok, jalan yang berkabut, suasana jalan yang dingin tanpa polusi, yah suasana khas kota batu yang terkenal dengan swisnya indonesia kata orang mancanegara. Perjalanan banyak dilakukan dengan kendaraan umum (bis, cartaran, angkot, dll) tapi yang jelas untuk kendaraan pribadi tidak disarankan karena tidak adanya fasilitas parkir disana..jadi mending naik angkot rame-rame ya khan.....


Sepanjang perjalanan sampai di Puncak, kita masih bisa menikmati pemandangan ladang dan pepohonan pinus yang hijau. Kita juga akan bisa menemukan beberapa monyet yang bergelantungan di pohon-pohon di pinggir-pinggir jalan (jika beruntung). Dengan suasana alam yang masih alami dan hijau, cukup menyegarkan mata yang lelah. O ya untuk masuk ke wilayah Panderman kita cuma di suruh bayar 2500 perak aja kok gan. dan sedikit ongkos sekitar Rp. 10 - 12 ribu untuk transportasi dari Malang ke Batu. sama bawa botol kosong ya gan buat ngisi air entar di sumbernya..karena kita akan butuh air untuk minum dan memasak mie instan disana..hehe banyak kok yang buat mie disana,, minta juga gak papa:) kalo gak punya malu sih... hihihihih peace bos ^0^


Nama Wisata : Panderman
Jenis : Wisata Alam
Lokasi : Dusun Toyomerto Kelurahan Songgokerto Kec. Batu

@rizzallMR

0 komentar:

Poskan Komentar